Selasa, 25 Agustus 2009

tugas 1 (koffepot)

koffe pot
Various indonesia's finest coffe
jl. BAbarsari no. 40A
Tlp. (0274) 6819898,4332605
Hp. 085868618999
Yogyakarta

Latar belakang

Cafe adalah tempat serbaguna,mulai dari beristirahat,sampai mengerjakan tugas,tak heran saat ini hampir setiap cafe menyediakan hotspot gratis bagi pelangganya,hingga para pelanggan betah duduk berjam-jam untuk sekedar bermain dengan hotspot,sampai pada mencari bahan tugas dengan mem-browsing dari internet.Tidak banyak cafe yang menjual suasana,kebanyakan hanya menjual makanan kecil dan minuman serta fasilitas free hotspot yang membuat pelangganya betah untuk tinggal sambil berharap para pelangganya memesan makanan atminuman untuk dinikmati sembari menikmati fasilitas gratis yang disediakan.cafe dapat memberikan banyak keuntungan bagi pemiliknya,karena merupakan tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu baik sendiri maupun beramai-ramai,baik hanya sejenak maupun berjam-jam lamanya.

Profil

Nama unit bisnis : Koffe Pot
Jenis usaha : Coffe Shop
Lokasi : Jl. BAbarsari no. 40A (depan buminet Babarsari)
Nama pemilik: Ferry Dwi Harnanto,SE
Contact person : Tlp. (0274) 6819898,4332605
Hp. 085 8686 18 999

Sejarah
  • Awal berdiri 13 februari 2009
  • Nama pemilik : Ferry Dwi Harnanto,SE
  • Alasan pendirian usaha : hobi dari pemilik yang sangat menyukai kopi,dan obsesi dari pemilik,yang ingin mendirikan dan memilik coffe shop sendiri
Operasional

  • jam operasi : pukul 13.00pm sampai dengan 01.00 am.
  • jumlah karyawan 6 orang yang tebagi dalam 2 shift : 1. 2 orang dibagian dapur,2. 4 orang pelayan.
Finance
  • pendapatan per hari kurang lebih Rp.500.000,-
  • Omset per bulan kurang lebih Rp. 20.000.000,-
  • modal sendiri
Marketing

  • Target penjualan 80% mahasiswa dan pelajar,20% keluarga.Hal ini karena dipengaruhi letak tata usaha yang strategis berada dipinggir jalan yang ramai,yang berada disekitar pemukiman mahasiswa.
  • Dalam memperkenalkan usahanya pemilik menggunakan berbagai media untuk melakukan promosi,mulai dari iklan diradio,brosur,booklet,voucher,dan dari mulut ke mulut.
  • Program-program dan strategi yang dilakukan oleh koffe pot dalam rangka pemasaran adalah: a. Dengan menggencarkan promosi dikalangan konsumen b. dengan memberikan paket dalam belanja dengan souvenir,voucher. C. untuk kedepanya pemilik berencana untuk membuat program nonton bareng sepak bola.
Analisis SWOT

S(strength)
  1. keramahan dalam pelayanan dari pihak koffe pot
  2. Lokasi yang strategis
  3. cita rasa yang khas
  4. harga yang terjangkau
  5. desain interior ruangan yang bagus
  6. Koffe pot terdiri dari dua lantai: 1st Florr smooking area 2nd florr terdiri dari 2 ruang yaitu smooking area dan no smooking area
  7. Ruangan yang nyaman,dan ber AC untuk non smooking area
  8. Variant produk yang menarik
  9. fasilitas Free hotspot
W(weakness)
  1. kurangnya terminal colokan listrik
  2. lahan parkir yang kurang luas
O (opportunities)
  1. Banyaknya mahasiswa yang menyukai kebiasaan nongkrong dikafe.
  2. Masih jarang usaha kafe yang menyediakan ruangan smooking dan non smooking secara terpisah.
T(Threats)
  1. Adanya kafe-kafe yang sudah lama didirikan didaerah sekitar babarsari
Analisis 4P
  • Price : harga cukup terjangkau oleh semua kalangan.
  • Product: Variasi produk yang tidak hanya terdiri dari kopi saja
  • Place: Letak yang berada dipinggir jalan raya dan dekat dengan pemukiman mahsiswa.
  • Promotion: 1. Pemilik Telah melakukan berbagai macam promosi untuk menarik minat dari konsumen,mulai dari iklan di radio,brosur,booklet,voucher, dan dari mulut ke mulut 2. Promosi melalui mulut kemulut sangat efektif karena tidak memakan dana yang sangat banyak dan hasilnyapun maksimal.
Resiko yang dihadapi
  • Kerusakan kecil pada peralatan dan perlengkapan Kafe
  • Penyusutan Omset pada saat musim liburan
  • Variasi kebutuhan konsumen yang berubah-ubah
  • Munculnya pesaing baru dalam bisnis yang sama.
Hal-hal yang dilakukan untuk mengantisipasi resiko-resiko tersebut :
  • Men-training atau memberikan pelatihan para karyawan agar mutu SDMnay lebih baik.
  • menggiatkan promosi,agar yang datang he hoffe pot tidak hanya mahasiswa saja.
  • Berinovasi dalam pengambangan mutu dan variasi produk yang ditawarkan(angket)
  • melakukan evaluasi terhadap produk yang sudah ada.